Fashion & Lifestyle

Panduan Belanja : Pilih Headset, Headphone atau Earphone Untuk Memanjakan Telingamu

headphone
wallpaper abyss

Ketika kita sedang ingin mendengarkan musik lewat HP maupun Komputer atau Laptop pasti ada satu alat yang akan kita cari yaitu Headset, eh headphone atau earphone. Sepertinya kita agak bingung apakah mereka semua sama? Kita bahas dulu sedikit perbedaan antara Headset, Headphone dan Earphone ini. Headset itu gabungan antara Headphone dan microfon sedangkan Headphone dan Earphone memiliki fungsi yang sama tetapi untuk earphone memiliki bentuk yang lebih simpel yang dapat disumbatkan kedalam telinga. Simak gambarnya berikut agar lebih jelas :

headphone, headset dan earphone
gambar dari els.co.id

 

Lalu bagaimana memilih Headset, Headphone dan Earphone yang tepat untuk telinga kita masing-masing? Sama seperti memilih makanan tentu banyak pertimbangan dari berbagai sisi seperti harga, rasa dan kebersihan. Begitu juga dengan memilih Headset ini. Berikut sedikit tips memilih Headset, Headphone dan Earphone :

1. Spesifikasi

Spesifikasi headphone

Cari tahu spesifikasi dari headset, earphone ataupun headphone yang akan Anda beli. Kamu bisa cari dulu di internet sebelum membelinya di online store ataupun toko fisik langganan Anda. Nah, berikut beberapa spesifikasi teknis yang harus kita periksa :

  • Drivers – Berfungsi untuk menciptakan suara dalam perangkat kamu. Jadi semakin kuat/besar drivernya, maka suara yang keluar akan semakin berkualitas. Driver juga dapat meningkatkan bass, mid dan treble sesuai dengan aliran musik tertentu.
  • Impedance – Angka impedance, atau impedansi menggambarkan karakter tahanan dari driver headphone. Menerjemahkan angka ini agak rumit, karena ada faktor2 lain yang perlu kita ketahui sebelum kita dapat menggunakan informasi angka impedansi.Umumnya headphone kelas consumer, yang mudah di drive dari Ipod atau Smartphone anda, memiliki impedansi sekitar 32 Ω. Tapi bukan berarti semua headphone 32 Ω mudah di drive dari smartphone atau Ipod.
  • Sensitivity – Untuk mendengarkan musik yang aman, kamu harus memilih earphone terbaik dengan tingkat sensitivitas mid-range. Jika kamu memilih sensitivitas high-range, dan hanya dengan volume suara setengah persen, lama kelamaan telinga kamu akan mengalami kerusakan.

2. Harga

best price

Ini tergantung dari budget kita, jangan sampai kita ngutang sana sini ya. Sekarang banyak kok earphone dengan harga yang terjangkau dengan kualitas bagus atau cek diskon di online store. Untuk brand-brand ternama seperti JBL, Harman Kardon dll pasti harganya cukup tinggi mungkin bisa dijadikan pilihan juga brand-brand dari china atau taiwan yang memiliki harga lebih miring.

3. Fashionable

stylish headphone

Jaman sekarang semua harus fashionable biar ga dibilang old style, apalagi bagi kamu yang suka narsis atau foto-foto. Banyak sekali pilihan headphone, headset atau earphone dengan warna serta bentuk yang sangat menarik sehingga enak untuk dilihat dan dipamerin lewat media sosial.

4. Kenyaman

desain headphone
Gambar dari DJWORX

Pilih desain headphone yang nyaman anda gunakan. Ada beberapa pilihan desain headphone yang dapat anda pilih, diantaranya:

  • Tipe in ear atau ear bud yang dapat dimasukkan kedalam lubang telinga. Tipe ini memberikan isolasi kebisingan dari luar dan suara bass yang lebih dalam. Desain yang ringan dan stylish cocok digunakan saat kegiatan outdoor atau berolahraga.
  • Tipe on ear atau supra aural yang menempel dan menekan di luar lubang telinga. Tipe ini memberikan punch dan pressure lebih tinggi.
  • Tipe over ear atau circumaural yang desain bantalannya mengelilingi/menutupi daun telinga kita. Tipe ini memberikan karakter suara yang lebih natural dan nyaman digunakan untuk waktu yang lama. Tipe over ear banyak digunakan oleh profesional untuk tracking/monitoring lagu ataupun mixing.

Semua tergantung kenyamanan Anda menggunakannya.

5. Fitur

fitur headphone

Biasanya masing-masing brand akan menonjolkan keunggulan pada fitur headset, headphone atau earphonenya. Salah satunya seperti fitur Noise-cancelling, fitur ini menjadi salah satu andalan beberapa headphone high-end. Dengannya, Anda bisa berada di berbagai suasana dan kondisi lingkungan tanpa harus merasa terintervensi dengan suara-suara lain ketika mendengarkan musik. Secara otomatis, fitur noise-cancelling akan menyesuaikan tingkat suara pada lingkungan. Jadi, misalnya Anda berada di suasana yang bising, fitur ini secara otomatis akan meningkatkan volume suara sehingga akan tidak perlu mengaturnya secara manual.

 

Nah sekarang semuanya tergantung Anda mau pilih headset, headphone atau earphone seperti apa yang sesuai dengan budget dan selera Anda. Jangan lupa mampir ke toko Oeniklo ya di sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *