es manado
Kuliner

6 Es Tradisional Khas Indonesia

Salah satu kuliner Indonesia yang cocok dengan cuaca tropis Indonesia adalah minuman es segar khas daerah. Minuman ini tentu sangat digemari didaerahnya masing-masing dan ga kalah enak dengan es dari luar negeri. Simak 6 Es Segar asli Indonesia ini yang juga digemari oleh wisatawan mancanegara.

1. Es Campur

es campur segar
es campur

Es campur bisa ditemui diseluruh Indonesia, yang cukup membedakan antar daerah yaitu isiannya. Di pinggir jalan, es campur juga kerap disajikan sebagai pilihan minuman segar saat musim panas tiba. Es campur terdiri dari roti, kolang kaling, dawet, irisan buah alpukat, nangka, nanas dan cincau hitam. Disajikan dengan serutan es batu yang bakal membuat Anda jatuh cinta pada es campur.

2. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Anda tentu tidak asing dengan pisang yang dibalut adonan berwarna hijau dihidangkan dengan es, sirup, dan bubur sumsum yang bernama Es Pisang Ijo. Menu ini berasal dari kota Makassar yang terdiri dari pisang dibalut kulit hijau. Kulit ini berasal dari adonan tepung beras, tepung kanji, santan dan air daun suji. Bahan lain yang menemani es pisang ijo adalah mutiara cina, bubur sumsum, kacang tanah sangrai dan siraman sirup merah. Tambahan es serut dan susu kental manis benar-benar membuat banyak orang memfavoritkan menu ini.

3. Es Manado

Es Manado

Es Manado sangat terkenal kelezatannya. Penyajian es yang terdiri dari sejumlah buah itu juga selalu menarik dan menggoda. Isi es ini sangat lengkap, ada buah-buahan, agar-agar, dan sari kelapa alias nata de coco. Tambahan pula air kelapa muda yang akan membuat minuman satu ini benar-benar menyegarkan tubuh dan mampu melepaskan dahaga. Apalagi kalau diminum sehabis menyantap hidangan khas dari Manado. Pastilah bertambah mantap. Buah yang digunakan selain air kelapa muda adalah sirsak, alpukat, dan nangka.

4. Es Dung Dung

Es dung dung

Es Dung Dung diciptakan karena dorongan masyarakat Indonesia yang saat itu ingin sekali mencicipi es krim tapi tak bisa menjangkau harga jual es krim yang cukup mahal kala itu. Susu yang menjadi bahan utama pembuatan es krim pun dijual dengan harga yang selangit. Mulai dari situlah Es Dung Dung terlahir di tengah ‘kehausan’ es krim di Indonesia.

Es Dung Dung dibuat bukan dengan bahan dasar susu, tapi diganti dengan santan. Penggantian bahan utama inilah yang membuat rasa dari Es Dung Dung berbeda, menjadi lebih gurih. Namun, tampilannya dibuat sama persis seperti es krim. Pembuatannya pun hingga kini masih sederhana, tanpa menggunakan mesin ataupun alat yang khusus. Ciri khas dari rasa Es Dung Dung adalah adanya rasa gurih, yang berasal dari santan, sebagai bahan utama pembuatnya.

5. Es Cendol

Es Cendol

Jenis minuman segar pertama yang paling sering ditemui di pinggir jalan atau menjadi menu andalan restoran ternama adalah es cendol. Nama es cendol sendiri populer dari Jawa Barat sedangkan di Banjarnegara lebih akrab disebut sebagai es dawet. Cendol dari tepung hunkwe yang diberi warna daun pandan alami, serutan es, santan dan gula merah akan membuat rasa gerah menghilang.

6. Es Teler

Es Teler

Es Teler adalah minuman es berisi potongan buah alpukat, kelapa muda, nangka matang, dan santan kelapa encer dengan pemanis berupa sirup. Es yang dipakai bisa berupa es serut atau es batu. Sebenarnya es teler telah ada sejak tahun 1957 yang dibuat oleh Ibu Samijem Darmo Putro. Namun, Kabupaten Sukoharjo baru menjadikan es teler sebagai ikon minuman khas daerah pada tahun 2005 lalu. Sejak saat itu, kuliner satu ini mulai digilai banyak orang. Anda bisa mudah menemukan minuman segar es teler di mana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *